Mengenal Bahan Kain Voal untuk Kerudung

Hijab adalah salah satu jenis pakaian yang dikenakan oleh para muslimah di Indonesia. Seiring perkembangan jaman, hijab berevolusi menjadi beraneka-ragam dengan desain dan bahan yang bermacam-macam. Bagi pengguna hijab, pasti bahan voal atau voile sudah tidak asing lagi di telinga Sobat Satu Pintu. Kain ini banyak dijadikan hijab karena karakteristiknya yang nyaman, lembut, dan mudah diatur. Tidak heran, kain voal begitu populer di Indonesia. Simak penjelasan berikut ini mengenai kain hijab voal.

Apa Itu Hijab Voal?

Kain Voal, atau biasa disebut dengan Voile, adalah salah satu jenis kain yang populer untuk hijab. Kain ini memiliki beragam warna dan motif. Kain Voal umumnya terbuat dari katun, namun ada juga variasi yang terbuat dari campuran rayon, linen, polyester, dan silk.

Karakteristik Kain Hijab Voal

Memiliki Varian Warna yang Beragam

Salah satu kelebihan yang menjadikan Hijab Voal sangat digemari kaum hawa adalah karena kain ini menawarkan banyak variasi motif dan warna yang beraneka ragam. Oleh karena itu, hijab berbahan voal akan menjadikan sobat Satupintu lebih percaya diri sesuai dengan gaya yang kamu banget.

Semi Transparan

Karakteristik lain dari hijab voal adalah kainnya yang semi transparan, atau agak menerawang. Akan tetapi, sobat Satupintu tidak perlu khawatir dengan masalah ini karena kamu dapat melipat kain voal sehingga tidak menerawang.

Tidak Mudah Kusut

Biasanya, hijab yang terlalu licin menyebabkan pemakainya tidak merasa nyaman karena sulit ditata. Lalu, hijab yang terlalu kaku juga dapat menjadi tidak nyaman karena mudah kusut. Oleh karena itu, hijab voal adalah solusi bagi semua permasalahan ini. Mulai dari bahannya yang lembut, tapi sangat mudah untuk dibentuk tanpa khawatir kusut.

Lembut

Hijab berbahan voal sangat sejuk dan menyerap keringat dengan baik. Oleh karena itu, hijab ini sangat populer bagi kalangan wanita berhijab di luar sana. Bagaimana tidak, setiap orang pasti ingin mengenakan pakaian yang lembut dan nyaman untuk digunakan ketika beraktivitas, bukan?

Jenis-Jenis Hijab Voal

Voal Dobby

Jenis hijab voal pertama adalah voal dobby. Voal ini memiliki tekstur yang unik, yaitu tekstur kotak-kotak pada permukaannya. Teksturnya yang lemas membuat kain ini digunakan sebagai bahan pashmina oleh para wanita berhijab. Akan tetapi, karena banyak bahan voal lainnya yang lebih nyaman maka voal dobby sudah mulai sepi peminat di pasaran Indonesia.

Voal Jepang

Selanjutnya, voal yang cukup digemari adalah voal jepang. Bahannya yang adem dan lembut membuatnya sangat populer. Akan tetapi, kain ini cukup kaku sehingga agak kurang nyaman untuk dibentuk. 

Voal Two-tone

Sesuai dengan namanya, voal two-tone memiliki dua jenis warna pada permukaannya. Akan tetapi, kain ini sudah hilang dari pasaran karena produksinya dihentikan.

Voal Superfine

Kain ini didominasi oleh serat katun sehingga tekstur permukaannya sangat halus. Selain itu, voal superfine cukup tebal sehingga cocok bagi wanita berhijab yang tidak ingin memakai hijab yang terlalu menerawang. Jangan khawatir, meskipun bahannya tebal, voal ini tetap menyerap keringat dengan baik.

Voal Ultrafine

Permukaan voal ultrafine terlihat kasar namun terasa halus ketika bersentuhan dengan kulit. Selain itu, karakteristik kain ini yaitu bahannya yang tebal namun tetap tidak bikin gerah. Jenis hijab voal ultrafine adalah hijab yang sangat populer di pasaran karena tersedia dalam berbagai jenis warna dan harganya yang cukup terjangkau. Serat katun yang terkandung pada kain ini cuku tinggi sehingga mudah menyerap keringat. Kelebihan lainnya dari kain ini adalah permukaannya yang mengkilap namun tidak terlalu berlebihan.

Voal Premium

Ciri khas voal premium adalah teksturnya yang halus. Selain itu, bahannya halus dan tidak kaku. Akan tetapi, jenis kain ini cukup tipis sehingga agak menerawang ketika dipakai.i

Voal Watersplash

Sesuai dengan namanya, hijab voal watersplash memiliki keunggulan kain anti air sehingga harganya cukup mahal. Kain ini memiliki karakteristik yang mirip dengan voal ultrafine.

Voal Basic

Voal basic mengandung serat polyester yang lebih banyak daripada serat katun sehingga permukaannya cenderung kasar, berserabut, dan lebih kaku. Selain itu, serat kain ini mudah rontok pada bagian ujungnya. Akibatnya, voal basic dijual dengan harga paling murah jika dibandingkan dengan hijab voal lainnya.

Voal Silk Premium

Terakhir, ada jenis hijab voal silk premium. Voal ini mirip dengan voal superfine namun dengan tambahan campuran silk. Serat silk yang terkandung menjadikan hijab berbahan voal silk premium lebih mewah dan elegan karena terdapat efek mengkilap. 

Ternyata, jenis-jenis kerudung berbahan kain voal cukup beragam, ya. Semoga setelah membaca artikel ini sobat Satupintu menjadi lebih paham mengenai kain voal dan dapat menggunakan informasi ini ketika hendak berbelanja kerudung. Tidak lupa, Satupintu menyediakan hijab voal yang berkualitas. Yuk, langsung kunjungi toko kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *